gorgeousputrilicious

Just another WordPress.com site

Exotic Bali (part – 1) January 21, 2012

Filed under: My Vacation experiences :) — gorgeousputrilicious @ 9:49 am

date : lupa….

Sebenarnya ini bukan kali pertama bagi saya buat mengunjungi Pulau Dewata…akan tetapi ini adalah rekreasi pertama saya yang telah menggunakan teknologi Kamera Digital sehingga file.nya bisa lebih mudah untuk saya tampilkan. Saya melakukan perjalanan ini dalam rangka melepas penat setelah mengikuti Ujian Akhir Nasional tingkat SMP, bersama teman – teman satu sekolah dan guru – guru pembina. Saya lupa kronologis perjalanan saya ini…tapi saya akan membagi beberapa foto pribadi yang dapat memberi gambaran Pulau Bali pada tahun 2005 dan saya urutkan berdasarkan data pengambilan fotonya.

1. Pantai Sanur

Seingat saya lokasi pertama yang saya kunjungi kali itu adalah Pantai Sanur yang merupakan lokasi untuk menyaksikan matahari terbit, sayangnya kedatangan saya ke lokasi ini bersama – teman – teman agak terlambat atau mungkin saya yang telat mengambil momen fotonya.

2. Pantai Nusa Dua Bali

Dipantai ini dapat ditemui beberapa wahana rekreasi air seperti banana boat, parasailing, dll.  Di tempat ini pula pengunjung dapat melihat tempat penangkaran penyu (kalo nggak salah) dan kebun binatang mini dengan menyebrang ke Pulau penyu dengan menggunakan perahu, saat itu dikenakan biaya sekitar Rp. 25.000,00/orang untuk menyebrang. Ketika di pantai ini saya hanya menghabiskan waktu dengan mengobrol bersama teman – teman di kursi – kursi pinggir pantai.

3. GWK (Garuda Wisnu Kencana)

Inilah kali pertama saya megunjungi lokasi wisata GWK, dan kesan pertama saya ketika menginjakkan kaki di sana adalah takjub. GWK merupakan tempat yang menyajikan pemandangan berupa patung Dewa Wisnu dengan burung Garuda yang merupakan kendaraan Dewa Wisnu. Seingat saya patung GWK ini dilapisi oleh tembaga sehingga werwarna hijau tua. Selain terdapat patung GWK, di sana juga terdapat tempat penampilan pagelaran budaya yang berupa panggung terbuka yang indah dan tempat penjual souvenir, snack, hingga makanan. Walaupun area ini merupakan daerah gunung kapur, akan tetapi udara saat itu terasa sejuk sehingga saya benar – benar menyukainya.

4. Pertunjukkan Tari Barong di Batubulan

Tempat pertunjukkan ini seperti tempat pertunjukkan theater yang duduknya meninggi dideret belakang. Karena kebetulan saya mendapat posisi di belakang maka saya tidak bisa menikmati dengan baik isi tarian ini dan hanya melihat sambil lalu. Untuk informasi makna tari bisa dilihat di http://taribarong.com/

Tari Barong kami ada di 2 tempat yaitu di Kuta dan Batubulan. Dengan ketersediaan 2 tempat ini akan memudahkan Anda untuk mencapai tempat kami.

Tari Barong merupakan tarian yang ditarikan oleh dua orang penari laki-laki, seorang memainkan bagian kepala barong serta kaki depan, dan seorang lagi memainkan bagian kaki belakang dan ekor. Barong yang berbentuk binatang mytologi ini banyak sekali macamnya, ada yang kepalanya berbentuk kepala singa, harimau, babi hutan jantan (bangkal), gajah, lembu atau keket. Keket oleh orang Bali dianggap sebagai raja hutan yang disebut pula dengan nama Banaspati Raja.

Tarian ini merupakan peninggalan kebudayaan Pra Hindu yang menggunakan boneka berwujud binatang berkaki empat atau manusia purba yang memiliki kekuatan magis. Diduga kata barong berasal dari kata bahrwang atau diartikan beruang, seekor binatang mythology yang mempunyai kekuatan gaib, dianggap sebagai pelindung. Tetapi di Bali pada kenyataannya Barong tidak hanya di wujudkan dalam binatang berkaki empat akan tetapi ada pula yang berkaki dua. Topeng Barong dibuat dari kayu yang diambil dari tempat-tempat angker seperti kuburan, oleh sebab itu Barong merupakan benda sakral yang sangat disucikan oleh masyarakat Hindu Bali. Pertunjukan tari ini dengan atau tanpa lakon, selalu diawali dengan demonstrasi pertunjukan yang diiringi dengan gamelan yang berbeda-beda seperti gamelan Gong Kebyar, gamelan Babarongan, dan gamelan Batel.

5. Pantai Kuta

Pantai Kuta merupakan tempat untuk menyaksikan sunset, akan tetapi karena saya dan beberapa teman saya yang keasikan berbelanja di pasar maka terlewatkan momen indah sunset Kuta dan alhasil gambar yang saya peroleh gelap.

6. Sangeh

Tempat Wisata ini berupa hutan yang di dalamnya terdapat banyak monyet – monyet besar. Sangeh terkenal dengan kerajaan monyet, monyet – monyet di sini sangat aktif sehingga pengunjung dilarang menggunakan perhiasan – perhiasan yang dapat menarik perhatian monyet. Monyet – monyet di sini selain menyukai kacang juga menyukai permen yang dibawa oleh pengunjung. Ketika memasuki area ini, tubuh saya dihinggapi oleh 5 monyet sekaligus. Berdasarkan mitos yang saya dengar dari penjaga setempat apabila monyet – monyet ini mengerubungi seseorang (menyukai) berarti jodoh orang tersebut sudah dekat. amiin….

              

             

7.  Bedugul

            

8. Tanah Lot

Pantai ini berbeda dengan pantai – pantai di Bali lainnya karena terdapat Pure tempat persembahyangan. Apabila air sedang surut, pengunjung dapat memasuki area pure yang katanya di dalam area pure terdapat air suci (sebenarnya saya sendiri belum pernah memasuki area pure hingga saat ini).

         

Sekian kenang – kenangan kecil dari saya dalam paket liburan ke Bali bersama teman – teman SMP saya….. semoga menginspirasi…

😀    :D

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s