gorgeousputrilicious

Fabulous Sumenep (part – 1) January 20, 2012

Filed under: My Vacation experiences :) — gorgeousputrilicious @ 5:55 pm

date : 8 – 10 Desember 2011

Sudah lama sekali saya ingin melakukan perjalanan ini bersama dengan pacar saya tercinta dan semoga yang terakhir dihidup saya, Muh. Addi Fanhas… sebelumnya saya hanya mengetahui tentang keindahan Pulau Madura dan khususnya Kabupaten Sumenep dari dia….si hitam manis tapi ngangenin asli Sumenep…dari ceritanya membuat ketertarikanku pada eksotika Madura semakin bertambah dan penasaran.  Secara kebetulan saya mengambil mata kuliah Komunikasi dan Modernitas di perkuliahan saya yang ternyata di dalamnya terselip PKL yang bermisi membangun daerah dengan memaksimalkan potensi yang ada. Sebenarnya terdapat beberapa opsi yang akan dijadikan target ‘operasi’ kami penganut perkuliahan tersebut…akan tetapi berdasarkan diskusi panjang akhirnya disepakatilah Kabupaten Sumenep sebagai tujuan kami.

Sebelum terjun langsung PKL yang dilakukan pada tanggal 16 – 18 Desember 2011, maka kami melakukan survey terlebih dahulu pada tanggal 26 November 2011, akan tetapi dari perjalanan ini ternyata tidak banyak yang dapat saya ceritakan karena saya hanya mengurus keperluan PKL bersama teman – teman tanpa melakukan peninjauan lokasi secara real. Dari perjalanan singkat yang saya lakukan ini malah membuat saya semakin berminat untuk melihat lebih dalam Kabupaten Sumenep yang memiliki pariwisata yang lengkap ini dan akhirnya memutuskan untuk melakukan survey lanjutan tanggal 8 – 10 Desember dengan bantuan ‘calon’ saya ini.

Saya berangkat pada pukul 15.30 hari Kamis tanggal 8 Desember dengan menggunakan sepeda motor. Kami menyebrang ke Pulau Garam dengan melalui jembatan yang sangat terkenal Jembatan Suramadu…jembatan ini sangat indah di malam hari karena lampu – lampunya dan sangat romantis bagi saya, banyak kenangan yang saya ukir di jembatan tersebut berkenaan dengan hubungan saya dengan si- celleng tape manis. Dari Suramadu ke arah Bangkalan Tanah Merah, dan mengambil arah ke Sampang karena untuk sampai ke Sumenep dari jembatan Suramadu harus melalui beberapa kabupaten, Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, barulah sampai ke Kabupaten Sumenep. Sebelum sampai di Sampang kami mampir untuk melepas lelah dan mengobati rasa lapar kami dengan mampir di salah satu warung makan rekomendasi beberapa teman saya yang juga asli Madura, yaitu di Bebek Pedas Paterongan.

Setelah makan dan kenyang, maka kami melanjutkan perjalanan hingga sampai di pinggiran Pantai Camplong (tapi tidak di Pantai Camplongnya,di area yang akan rencananya akan dijadikan pelabuhan) untuk istirahat.

Total lama perjalanan yang kami tempuh adalah 5 jam 30 menit, sehingga kami sampai pada pukul 20.30 dan dia mengantar saya langsung ke hotel untuk beristirahat. Hotel ini mungkin dapat menjadi rekomendasi teman – teman sekalian dalam memilih tempat istirahat ketika menjelajah di Sumenep. nama hotelnya adalah mitraland, tarifnya cukup terjangkau karena harga kamar paling mahal adalah Rp. 65.000,00/malam dengan fasilitas AC, Tv, kasur besar, dan kamar mandi dalam.

pagi – paginya saya dijemput untuk sarapan di dekat area alun – alun Kota Sumenep dan melanjutkan berjalan – jalan ke Asta tinggi, sanyangnya saya lupa tidak membawa kamera dan lupa pula untuk mempotretnya, tapi saya coba tampilkan foto dari proses pencarian digital saya sebagai bantuan untuk membayangkan…😀. o iya..asta tinggi ini merupakan area pemakaman raja – raja, wisata religi. wisata ini ramai dikunjungi saat malam Jumat atau hari Jumat.

Setelah dari area Asta Tinggi kami duduk – duduk di Alun – alun Sumenep dan berfoto – foto (maaf narsis).

Sepulangnya dari Alun – alun saya beristirahat sejenak di hotel dan berangkat ke Dasuk untuk mencari tempat narasumber yang akan saya survey ketika PKL tanggal 16 Desember. Sebelum sampai di lokasi yang berdekatan dengan Pantai Salopeng itu, kami menemui sebuah acara adat yang kebetulan diadakan pada saat itu maka kami mampir untuk melihat dan mengambil foto sebagai dokumentasi.

dan pulang dari narasumber, kami bermain ke Pantai Salopeng yang ternyata indah dan masih terasa alami…bersih sayangnya belum teroganisir dengan baik.

O..iya….untuk mencapai Pantai Salopeng ini diperlukan waktu sekitar 30 – 45 menit dari Alun – alun. Pulang dari pantai, saya balik ke hotel untuk mandi dan istirahat sejenak lalu menjajal masakan khas Madura, Kaldu.

Makan malam sudah, kenyang. Kembali ke hotel untuk beristirahat karena paginya kami pulang.

Keesokannya, saya kembali ke Surabaya pukul 11.00 dan ternyata dalam perjalanan pulang kami terdapat acara Karapan Sapi di Bluto yang masih merupakan area Sumenep. Saya yang baru pertama kali menyaksikan merasa sangat tertarik dan senang sekali mendapatkan kesempatan tersebut dan pastinya tidak akan menyia – nyiakan untuk menyaksikan walau hanya sebentar.

itu tadi merupakan cerita pengalaman saya selama di Sumenep, dari pengalaman pertama berwisata di Sumenep ini, saya mendapatkan banyak hal baru yang telah mengubah segala pemikiran saya sebelumnya. image panas dan gersang yang saya dengar sebelumnya tidak saya temukan selama perjalanan, khususnya di Sumenep, serta image Orang Madura yang kasar juga sama sekali tidak saya temui bahkan saya merasa orang Madura itu memiliki ikatan yang kuat dengan sesamanya, memiliki rasa peduli yang tinggi dan keinginan untuk saling menjaga yang tinggi pula terhadap orang lain, mereka berusaha melayani tamu dengan sangat baik dan hangat dengan menjamu makan dan mempersilahkan untuk beritirahat di rumah mereka layaknya saudara. Dan Madura memiliki banyak pemandangan indah yang masih alami dan menyejukkan mata, khususnya Sumenep yang saya kunjungi.