gorgeousputrilicious

Just another WordPress.com site

Fabulous Sumenep (part – 2) January 21, 2012

Filed under: My Vacation experiences :) — gorgeousputrilicious @ 7:21 am

       

date : 16 – 18 Desember 2011

Di kesempatan berikutnya, saya mendatangi Kabupaten Sumenep bersama teman – teman sekelompok dalam rangka meningkatkan pariwisata Sumenep. Kelompok saya memilih tema meningkatkan pariwisata Sumenep melalui kebudayaan tari. Sumenep memiliki dua kebudayaan tari yang unik, yaitu tari Muang Sangkal dan Topeng Dalang. kami berangkat dari Surabaya pada tanggal 16 Desember pagi menuju Sumenep dengan menggunakan mobil teman, dan sampai sekitar siang hari langsung menuju ke hotel untuk beristirahat. o..iya..lama perjalanan untuk sampai ke Sumenep dengan menggunakan mobil pribadi sekitar 4 jam.

Sore harinya kami menuju kediaman pengarang Tari Muang Sangkal untuk melakukan wawancara demi kepentingan mini riset PKL kami. Tari Muang Sangkal ini merupakan tari khas Sumenep yang dibuat oleh bapak Taufikurrachman pada tahun 1972 atas perintah Bupati dari Kabupaten Sumenep. Nama tari Muang Sangkal berasal dari kata Muang yang berarti buang dan sangkal yang berarti balak atau petaka, apabila digabungkan, maka tarian ini merupakan tarian yang dimaksudkan untuk membuang kesialan yang ada dalam diri seseorang.  Asal muasal dari Tari Muang Sangkal adalah tari Tayub yang merupakan tarian untuk menyambut tamu Keraton Sumenep pada masa aktifnya pemerintahan keraton dan dilakukan oleh kerabat – kerabat keraton. Tari Tayub ini belum memiliki urutan dan pakem yang jelas pada mulanya, akan tetapi seiring berjalannya waktu tari ini mulai memiliki aturan – aturan dan diperkuat dalam Tari Muang Sangkal. Tari Muang Sangkal dilakukan harus dilakukan oleh penari perempuan dalam jumlah ganjil dan dengan jumlah penari ganjil, satu, tiga, lima, tujuh, dst.. Untuk pakaiannya sendiri Tari Muang Sangkal memiliki kemiripan dengan kostum penari Tayub. Saat ini Tari Muang Sangkal mulai banyak dikenali dan ditampilkan dalam pembukaan pernikahan adat Sumenep serta sebagai pembuka acara. Perlu diketahui bahwa Tari Muang Sangkal ini sudah dikenal hingga manca negara.

Kami pulang dari kediaman Bapak Taufik menjelang maghrib dan langsung menuju hotel untuk beristirahat karena pada hari Sabtu tanggal 17 Desember kami memiliki tugas melakukan wawancara dengan Bapak Suki yang merupakan ketua paguyuban Tari Topeng Dalang dari Desa Dasuk dan menyebar kuisioner yang telah kami buat sebelumnya di area kota.

Sabtu, kami berangkat menuju Desa Dasuk menggunakan mobil menuju kediaman Bapak Suki. Dari perbincangan yang kami lakukan, kami memperoleh informasi bahwa kesenian Tari Topeng Dalang ini terbagi menjadi dua, Topeng Dalang Dasuk dengan Topeng Dalang Kalianget yang saat ini telah mengalami kepunahan. Bapak Suki sendiri merupakan keturunan ke-enam dari Pelestari Tari Topeng Dalang. Tari Topeng Dalang dipergunakan sebagai pembuka acara Ludruk Topeng Dalang. Tari Topeng Dalang dilakukan oleh pria – pria yang menggunakan topeng khas Madura. Topeng khas Madura tidak sepenuhnya menutup muka penari.

Setelah melakukan wawancara dengan Bapak Suki, kami melakukan refreshing dengan mengujungi Pantai Salopeng, sayangnya saat itu sedang hujan dan mendung gelap.

Kami pulang dari Pantai Salopeng siang hari, dan langsung menyebar kuisioner kepada warga kota. Keesokan harinya saya dan teman – teman berkeliling ke area Keraton Sumenep sebelum melakukan presentasi hasil riset kami kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumenep dan pulang.

Nb : untuk informasi tari lebih lanjut bisa lihat http://www.sumenep.info/category/seni-dan-budaya

atau download makalah kami di http://www.docstoc.com/docs/111260767/full-makalah

About these ads
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.